Bijak Menggunakan Media Sosial ala Nicholas Saputra

Suara.com – Media sosial kini semakin marak digunakan masyarakat untuk menyebarkan momen, mulai dari mengunggah foto, video, hingga teks. Dengan beragamnya konten, tentu ada hal yang harus diperhatikan oleh setiap pengguna media sosial.

Aktor yang dikenal sebagai Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta, Nicholas Saputra, mengungkap bahwa keamanan merupakan faktor utama yang paling penting diperhatikan dalam bermedia sosial.

Nicho yang menjadi salah satu narasumber dalam acara Mahasiswa Indonesia Makin Cakap Digital bersama Universitas Pancasila, Jumat (10/9/2021), mengatakan, “Sebagai pengguna internet, kita yang memegang kontrol. Jadi harus aman dulu, dan menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.”

Dalam menggunakan media sosial, Nicholas mengatakan harus ada etikanya. Hal ini karena media sosial kita akan dibaca dan dilihat oleh orang lain, sehingga penting agar kontennya tidak menyinggung perasaan mereka.

Baca Juga:
Video Pilu Pasien Covid-19 di Malaysia: Ditinggal Mati Teman Sekamar Satu per Satu

“Ini berkaitan dengan orang lain, jadi kita memposisikan diri sebagai orang lain dengan mempunyai empati, sehingga kita tidak menyinggung perasaan orang lain,” ungkapnya lebih lanjut.

Agar lebih bijak dan beretika dalam bermain sosial media, Nicho menyarankan perlu memanfaatkan potensi dan kemampuan di media sosial. Jadi, tidak hanya sekadar mengunggah momen atau pamer semata.

“Saya rasa dengan begitu kita bisa berkembang. Tidak hanya di Indonesia, tapi bisa di seluruh dunia. Jadi penting untuk mengukur diri kita dan saling belajar. Sehingga kita tidak jadi katak dalam tempurung,” ungkapnya.

Nicho melanjutkan, bahwa sebagai manusia, tentu kita tidak bisa menghindar dari perkembangan era media digital seperti sekarang ini. Kita juga perlu berkontribusi secara positif agar bisa berguna di media sosial.

“Ini tidak bisa kita hindari, dan ini bisa jadi kunci keberhasilan kita nanti ke depannya,” pungkas Nicho.

Baca Juga:
Tembus Trending Topic, 6 Fakta Debut Solo Lisa BLACKPINK Bertajuk Lalisa

Exit mobile version